Senin, 04 Februari 2008

STMIK Bani Saleh

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bani Saleh, merupakan perubahan bentuk dari Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer (AMIK) Bani Saleh, didirikan pada tanggal 18 September 1989 di Bekasi, dengan tujuan :

Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang beriman dan ber taqwa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, memiliki kemampuan akademik dan profesional, dapat menerapkan serta mengembangkan pengetahuan dan teknologi komputer. Mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi komputer serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sebelum berdiri, ada tiga tahap yang mendahului sehingga terbentuknya Sekolah Tinggi tersebut yaitu:

Tahap pertama, adalah penyelenggaraan Kursus Komputer Bani Saleh pada tahun 1986. Tahap kedua, setelah lembaga kursus tersebut mengalami perkembangan yang pesat, pada tahun 1988 didirikan Politeknik Komputer Program D1. Setelah melewati dua fase tersebut, pada tahun 1989/1990 didirikan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Bani Saleh, dengan rekomendasi Bupati Kepala Daerah Tingkat II Bekasi, Nomor : 420/07/Kesra, tanggal 1 Februari 1989. Kemudian dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 58/D/0/1999 tanggal 24 Maret 1999, menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bani Saleh. Kegiatan perkuliahan semula menempati gedung di JI. Kartini No. 66 lantai III bergabung dengan SD, SMP dan SMA Bani Saleh. Mahasiswa terdiri dari lulusan SLTA, yang berasal dari sekitar JABOTABEK dan luar jawa.

Pada perkembangan selanjutnya diadakan pembenahan terhadap kesempurnaan 9 aspek pokok evaluasi dan akreditasi perguruan tinggi yang disesuaikan dengan Kep. Dirjen Dikti No. 14/D/Q/1989, yakni mengenai organisasi, kurikulum, tenaga pengajar tetap, prasarana, pembinaan kemahasiswaan, proses pendidikan, lulusan yang dihasilkan dan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Maka pada tahun 1992, AMIK Bani Saleh mendapat Kep. No. 313/Dikti/Kep/1992, tentang ketentuan dalam Kep. Mendikbud No. 0757/011991, dan Kep. Dirjen Dikti No. 146/DIKn/KEP/1997 bahwa status TERDAFTAR di lingkungan AMIK Bani Saleh meliputi jenjang D3 dengan jurusan-jurusan :

(1). Program studi Manajemen Informatika

(2). Program studi Teknik Komputer

(3). Program studi Komputerisasi Akuntansi.

(4). Program studi Tehnik Informatika

Pada tanggal 24 Maret 1999 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 58/D/0/1999 menjadi Sekolah Tinggi dengan jurusan Teknik Informatika.

Pada tahun 1993, pembangunan gedung kampus STMIK Bani Saleh tahap pertama dengan dua lantai yang terletak di Jalan M. Hasibuan telah selesai, sejak itu seluruh kegiatan akademik telah menempati gedung baru seluas 448M2, 7 lokal untuk ruang kuliah, 1 ruang laboratorium dan 1 ruang kantor.

Pada tahun 1994, pembangunan gedung kampus STMIK Bani Saleh tahap kedua selesai dengan penambahan dua lantai menjadi empat lantai dengan penambahan ruang lokal yang tadinya 7 menjadi 24, ruang laboratorium dari 1 menjadi 2, terdiri dari ruang laboratorium Manajemen Informatika dan laboratorium Teknik Komputer saat ini STMIK Bani Saleh telah memiliki lokal sebanyak 50 buah. Untuk sarana perlengkapan komputer ada peningkatan dari Pentium 133 menjadi Pentium IV dengan dilengkapi LAN dan MODEM yang jumlahnya sebanyak 198 unit.

Tidak ada komentar: