Senin, 25 Februari 2008

STIE & STMIK Jayakarta

YAYASAN DHARMA PENDIDIKAN JAKARTA (YDPJ) berdiri sebelum tahun 1969 dan pada tanggal 17 Juli 1989 mulai mengelola STIE Jayakarta. STIE Jayakarata didirikan tahun 1969 pada awalnya dengan nama Akademi Anjun Akuntansi dan Perbankan Jakarta. Pada tahun 1971 berubah menjadi Akademi Accounting Jakarta, kemudian pada tahun 1977 mengalami perubahan nama lagi menjadi Akademi Akuntansi Jakarta (AAJ).

Setelah pengelolaan Perguruan Tinggi ini beralih ke pengelola yang baru dengan menyandang nama Yayasan Dharma Pendidikan Jakarta (YDPJ) sampai sekarang ini. Dibawah pengelolaan pengurus baru inilah terjadi peningkatan yang signifikan, dimana AAJ langsung memiliki gedung sendiri dengan lokasi yang sangat strategis di Jalan Salemba Raya No.24 Jakarta Pusat (sekarang disebut Kampus A). Selanjutnya berkat usaha Pengurus Yayasan Dharma Pendidikan Jakarta yang baru ini, maka pada tanggal 24 Nopember 1990 Akedemi Akuntansi Jakarta ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta (STIE Jayakarta), dengan memiliki 2 (dua) jurusan yaitu Akuntansi dan Manajemen (Manajemen Keuangan dan Perbankan) yang masing-masing mempunyai Program Studi Diploma Tiga (D.3) dan Strata Satu (S.1).

Mengantisipasi perkembangan pesat dalam bidang informasi diawal tahun 1990-an Yayasan Dharma Pendidikan Jakarta mendirikan 1 (satu) perguruan tinggi lagi, yaitu Akademik Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta (AMIK Jayakarta) yang selanjutnya berdasarkan SK. Mendikbud Nomor 159/D/0/1993 ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta (STMIK Jayakarta), yang memiliki jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Informatika. STMIK Jayakarta memiliki 3 (tiga) program studi masing-masing D.3 Manajemen Informatika, S.1 Manajemen Informatika dan S.1 Teknik Informatika. Dari tahun ke tahun kedua perguruan tinggi ini terus berkembang dengan pesat terutama dibidang sarana dan prasarana maupun pengelolaannya, sehingga semakin dikenal masyarakat termasuk pengguna lulusan perguruan tinggi ini. Atas kerja keras Pengurus Yayasan Dharma Pendidikan Jakarta sampai saat ini STIE & STMIK Jayakarta telah memiliki 2 (dua) gedung, yang terakhir disebut gedung/Kampus B terdiri dari 3 (tiga) blok bangunan berlantai 4 (empat) dengan 40 (empat puluh) ruang kuliah, terletak di Jl. Salemba I No.8-10 Jakarta Pusat (100 M dari kampus A), dan jumlah mahasiswa sekitar 2500 (dua ribu lima ratus) mahasiswa.

Perkembangan dibidang status pun mengalami peningkatan yang sangat pesat ditandai pada tahun 1992 Program Studi D.3-Akuntansi memperoleh Status Disamakan sesuai SK. 09/DIKTI/Kep/1992 tanggal 9 Maret 1992, tahun 1995 Program studi S.1 Akuntansi & S.1 Manajemen memperoleh Status Diakui sesuai SK. 505/DIKTI/ Kep/1995 tanggal 15 Desember 1995, dan tahun 1998 Program Studi D.3 MKP memperoleh status Disamakan sesuai SK. 340/DIKTI/Kep/1998 tanggal 23 September 1998; Sedangkan untuk STMIK Program Studi S.1-Manajemen Informatika dan S.1 Teknik Informatika memperoleh status Diakui dengan SK.216/DIKTI/Kep/1997, Program Studi D.3-Manajemen Informatika memperoleh Status Disamakan dengan SK. 23/DIKTI/ Kep/1999. Sesuai dengan perubahan regulasi yang terjadi setelah reformasi, maka seluruh program studi di STIE & STMIK Jayakarta sudah memperoleh status “Terakreditasi” dari Badan Akreditasi Nasional (BAN PTS), hal itu sudah terealisasi melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depdiknas sbb:

    • Keputusan Nomor: 007/BAN-PT/Ak-1/Dpl-III/V/2002, tanggal 20 Mei 2002 untuk Program Studi D.3 Akuntansi, Program Studi D.3 Manajemen Keuangan & Perbankan; ;
    • Keputusan Nomor : 038/BAN-PT/Ak-IX/S1/III/2006, tanggal 16 Juni 2006 untuk Program Studi S.1 Manajemen Informatika;
    • Keputusan Nomor : 013/BAN-PT/Ak-V/Dpl-III/XII/2005, tanggal 8 Desember 2005 untuk Program Studi D.3 Manajemen Informatika;
    • Keputusan Nomor : 024/BAN-PT/Ak-IX/S1/XII/2005, tanggal 27 Desember 2005 untuk Program Studi S.1 Manajemen;
    • Keputusan Nomor : 029/BAN-PT/Ak-IX/S1/II/2006, tanggal 2 Februari 2006 untuk Program Studi S.1 Akuntansi;
    • Keputusan Nomor : 026/BAN-PT/Ak-IX/S1/II/2006, tanggal 12 Januari 2006 untuk Program Studi S.1 Teknik Informatika;

Sebagai wujud komitmen STIE & STMIK Jayakarta untuk menjadi perguruan tinggi yang berkualitas, maka manajemen penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar ditingkatkan dengan menerapkan sistem manajemen mutu ISO; Pada tanggal 7 Agustus 2003 STIE & STMIK Jayakarta telah mendapatkan sertifikat ISO 9001 : 2000 dari SAI Global Australia dengan Nomor Register : QEC20562. Sebagai konsekwensi penerapan ISO ini maka STIE & STMIK Jayakarta diharuskan melakukan continual inprovement untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dari tahun ke tahun sekaligus mengantisipasi era globalisasi mendatang.

Senin, 18 Februari 2008

Satibi Bike




It's my Bike...... sungguh banyak kenangan bersamanya.. All Daerah tingkat 2 di Jawa barat telah kutelusuri bersama, Lampung sudah kulalui bersama, Jawa tengah pun jua.. next, Medan sudah menunggu... Lanjutkah perjalananku bersamanya??

Jumat, 08 Februari 2008

Kenangan Terindah - Samsons

Aku yang lemah tanpamu
Aku yang rentan karena
Cinta yang tlah hilang darimu
Yang mampu menyanjungku

Selama mata terbuka
Sampai jantung tak berdetak
Selama itu pun
Aku mampu tuk mengenangmu

Darimu...
Kutemukan hidupku
Bagiku...
Kau lah cinta sejati

Ooh...

Bila yang tertulis untukku
Adalah yang terbaik untukmu
Kan kujadikan kau kenangan
Yang terindah dalam hidupku
Namun takkan mudah bagiku
Meninggalkan jejak hidupku
Yang tlah terukir abadi
Sebagai kenangan yang terindah

Ooh...

Hanya ingin kau tahu - Repvblik

ku telah miliki
rasa indahnya perihku
rasa hancurnya harapku
kau lepas cintaku
rasakan abadi
sekalipun kau mengerti
sekalipun kau pahami
berpikirku salah mengertimu

aku hanya ingin kau tahu
besarnya cintaku
tingginya khayalku bersamamu
tuk lalui waktu yg tersisa kini
di setiap hariku
di sisa akhir nafas hidupku

walaupun semua
hanya ada dalam mimpiku
hanya ada dalam khayalku
ku lewati itu

Demi Cinta - Dygta

Sayangku
Benarkah cinta kita berakhir
Sejak detik ini

**

Dengarlah
Ku tak sungguh-sungguh dengan semua yang telah kuucapkan
Ku hanya seorang kekasih yang terlalu berharap padamu
Sepenuh hatiku...

Ku tak ingin jauh darimu
Walaupun sedetik ku tak sanggup tanpamu
Dirimu yang terlalu kucintai
Kembalilah kepada diriku

Demi cinta oh...

Kembali ke **

Cinta separuh hatiku telah hilang bersamamu
Maafkanlah semua salahku

Oh.. Ku tak ingin jauh darimu
Walaupun sedetik ku tak sanggup tanpamu
Dirimu yang terlalu kucintai
Kembalilah kepada diriku

Demi cinta oh...

The Day You Went Away - M2M

[VERSE 1]
Well I wonder could it be
When I was dreaming 'bout you baby
You were dreaming of me
Call me crazy, call me blind
To still be suffering is stupid after all of this time

[PRE-CHORUS 1]
Did I lose my love to someone better
And does she love you like I do
I do, you know I really really do

[CHORUS]
Well hey
So much I need to say
Been lonely since the day
The day you went away
So sad but true
For me there's only you
Been crying since the day
The day you went away

[VERSE 2]
I remember date and time
September twenty second
Sunday twenty five after nine
In the doorway with your case
No longer shouting at each other
There were tears on our faces

[PRE-CHORUS 2]
And we were letting go of something special
Something we'll never have again
I know, I guess I really really know

[CHORUS]
The day you went away
The day you went away

[PRE-CHORUS 1]
[CHORUS]

[BRIDGE]
Why do we never know what we've got 'til it's gone
How could I carry on
The day you went away
Cause I've been missing you so much I have to say
Been crying since the day
The day you went away

The day you went away
The day you went away

Senin, 04 Februari 2008

Honda Mega Pro Club




Dunia otomotif penuh dengan dinamika, baik dari perkembangan kendaraan bermotor beserta teknologinya, maupun dari pelaku otomotif itu sendiri. Dari para pencinta ataupun hobies otomotif inilah seringkali terbentuknya sebuah klub otomotif.

Banyak sekali Klub Otomotif yang telah terbentuk khususnya di Jakarta, Honda MegaPro Club (selanjutnya disingkat dengan HMPC adalah salah satu Klub Bermotor Kendaraan Roda Dua yang terbentuk atas dasar kesamaan motor, sarana silaturahmi antar pemakai motor Honda MegaPro , serta mengembangkan hobi yang positif dibidang otomotif dengan berbagi ilmu dan pengalaman dalam berkendara dengan menggunakan motor Honda MegaPro.

Dari seringnya bertukar dan berbagi informasi serta cerita seputar kendaraan yang satu ini lewat sebuah maling list hondamegaproclub@yahoogroups.com para anggota mailing list menggalang pertemuan untuk menghadiri Kenduri Motor Nasional (Kemon) yang diselenggarakan Oleh Motor Plus dan otomotif di Parkir Timur Senayan, pada bulan Oktober 2003. Dari sini kegiatan dilanjutkan dengan “kopi darat” atau temu muka langsung di berbagai tempat, sebelum akhirnya berketetapan di pelataran parkir Kompleks Perkantoran Bidakara, Jakarta Selatan.

Belum adanya Klub Sejenis di Jakarta, turut mengilhami dan memberi semangat anggota untuk mendirikan sebuah klub motor yang bernama Honda Megapro Club (HMPC) yang secara resmi telah dibentuk pada tanggal 6 Desember 2003 yang di hadiri oleh lebih dari 18 Klub Motor yang telah lebih dulu berdiri di dunia otomotif.

Dengan populasi Motor Honda MegaPro yang begitu besar dan belum adanya satu klub resmi di Jakarta yang mewadahi dalam menyalurkan hobi otomotif ini, para anggota di HMPC optimis bahwa klub motor ini akan menjadi Klub Motor yang sangat prospektif.


Sekarang ini Honda MegaPro Club (HMPC) memiliki 20 tempat kopdar yang tersebar di berbagai wilayah yang meliputi :


Jakarta
Basecamp: sebrang TMP kalibata. sekretariat : Jl. Catur no. 2 B Jakarta Selatan 12870 belakang mustika ratu bidakara Telp : 08128260332 (Bro Kirman div Acara) 08561198569 (Zerry Div. acara) divisi anggota hub : Bro Ari Gondhes no. hp: 08159795891 dan Bro Tomo 081514192991 Kopdar: Setiap Jumat malam jam 19.00 s/d selesai

Semarang
Basecamp: Jl. Pahlawan (Depan PERHUTANI) Simpang Lima, Kopdar: Setiap Sabtu jam 20.00 s/d selesai

Bandung
Basecamp: Seberang Bank BNP Dago, Kopdar: Setiap hari Sabtu jam 20.00 s/d selesai

Sidoarjo
Basecamp: Jl. A Yani no 29 (Depan BANK JATIM). Alun2 sidoarjo, Kopdar: Setiap sabtu malam jam 21:30 - selesai

Bekasi
Basecamp: Kompleks perkantoran dan pertokoan SUN CITY SQUARE - Bekasi, Dekat Perempatan Rawa Panjang (samping pos polisi), PIC: Dede Satibi 081 316 530 710 (Div-Anggota) Kopdar: Setiap Sabtu malam jam 20.00 s/d selesai

Tangerang
Basecamp: Jl. Raya Serpong, Depan Mall Serpong (Samping Dealer Yamaha), Kopdar: Setiap Sabtu malam Minggu jam 20.00 s/d selesai Contac Person : Yoes (0813 111 84 565), Edwin (0812 952 4095)

Depok
Basecamp: Samping Restaurant Sarimande, sebrang AHASS MURNI, Kopdar: Setiap Sabtu jam 19.00 s/d selesai

Cikarang
Basecamp: Jl. Industri Raya Pasir Gombong (Bengkel Klakson Ahmad) Cikarang

Bogor
Basecamp: Seputaran Air Mancur dekat CENTRUM depan PUSDIK ZENI, Kopdar: Setiap hari Sabtu jam 20.00 s/d selesai. Contact Person : Dirgantara, lokasi Kemang-semplak, 08129049110. Rio, lokasi cilendek-manunggal, 08174916221. Sigit, lokasi Gadog-Ciawi, 08121111538

Lampung
Base Camp : Depan Toyota Astra, Jl. Raden Inten - Tanjung Karang - Bdr Lampung. Kopdar tiap Malam Minggu 20.00 WIB - selesai.

Jambi
Kopdar: di simpang 4 sipin jambi tepatNy di sebelah dealer Honda Sinar Sentosa Jambi (SinSen) ,hari sabtu malam jam 21.30wib s/d selesai dan hari mingguNy kumpul keluarga HMPC jambi (bagi yg punya istri or org rumah blh ikut ngumpul) di basecamp jam 16.00wib s/d selesai. Contact Person: Irman ( KetChap ) 0818 0860 1440 / 0812 781 5543, Aiman ( WaKetChap ) 0852 66 212 773 / 0852 66 199 880

Palembang
Base Camp : Bank Century Depan Praktek Dokter Bersama Rosarum Cindo (Samping Int. Plaza) Palembang jam 20.00 s/d selesai Contact Person : Bro Otten : 0813 - 2255 4484 Bro Hendri : 0711 - 730 1994 bro Dody : 0812 - 711 7979

Sumedang
Kopdar di depan JATOS - Jatinangor Town Square dan di depan deler Honda Cemara Agung di pusat kota Sumedang setiap Sabtu malam Minggu mulai pukul 19.30 - 23.00 wib. Contact person : Romi - 08193130 4632, Dedi - 081322090008, Rahmat - 085221979927.

Cirebon
Base Camp : Jl Setrayasa Pilang Cirebon (deket SMU AL Azhar) Contact person : Danang [0812 - 221 9262]

Medan
PIC : Jimmy (0813 7085 3953)

Brebes
Base Camp : Alun-alun brebes PIC : Anton ( 0812 - 250 3040)

Genteng, Banyuwangi
PIC : Gigih (0818 - 0348 5644)

Kudus
PIC: ARIS 085624558207, Andre 081325599779, ARIEFIN 085640034546. Kopdar malam mingguan di perempatan lampu merah simpang tujuh, alun-alun kota Kudus.

Blora
KOPDAR : Setiap malam Minggu jam 20.00 s/d selesai di depan DIPENDA BLORA Jl. A YANI, BLORA. Pic: Fadil 08881757706, Joni 08886400536

Magelang
PIC: Apep [081915511140]

Badan Kebijakan Fiskal




Penyusunan Nota Keuangan dan RAPBN yang dilakukan sejak awal orde baru, yaitu Repelita I tahun anggaran 1969/1970. Serta penyusunan laporan dan pertanggungjawaban keuangan pemerintah ini dilakukan oleh Staf Pribadi Menteri Keuangan, dan selanjutnya sejak tahun 1975 dilakukan oleh Biro Perencanaan dan Penelitian, Sekretariat Jenderal Departemen Keuangan. Selanjutnya untuk mendukung perkembangan pembangunan yang semakin pesat, pada tahun 1985 dibentuk suatu unit organisasi setingkat eselon II yang khusus menangani penyusunan Nota Keuangan dan RAPBN, yaitu Pusat Penyusunan dan Analisa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (PPA-APBN), yang bertanggungjawab langsung kepada Menteri Keuangan.

Sesuai dengan perkembangan zaman, maka dirasakan Penyusunan Nota Keuangan dan RAPBN sangat erat kaitannya tidak saja dengan perkembangan keuangan negara, tetapi juga dengan perkreditan dan neraca pembayaran, sehingga pada tahun 1987 dibentuklah unit setingkat eselon I, yaitu Badan Analisa Keuangan Negara, Perkreditan dan Neraca Pembayaran (BAKNP&NP) yang merupakan penggabungan tugas pokok dan fungsi PPA-APBN dengan sebagian tugas fungsi Direktorat Jenderal Moneter Luar Negeri dan Direktorat Pembinaan Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Moneter Dalam Negeri, yang dituangkan dalam Keppres Nomor 36 Tahun 1987, tentang Susunan dan Organisasi Departemen, dan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 85/KMK.01/1988 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Analisa Keuangan Negara, Perkreditan dan Neraca Pembayaran.

Setelah berjalan lebih kurang empat tahun, susunan dan uraian tugas BAKNP&NP lebih dikembangkan dengan memasukkan Pusat Penelitian dan Pengembangan Keuangan dan Moneter. Sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 32/KMK.01/1993, tanggal 6 Januari 1993, tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan Analisa Keuangan dan Moneter, selanjutnya nama BAKNP&NP diubah menjadi Badan Analisa Keuangan dan Moneter (BAKM). BAKM mempunyai empat biro, yaitu Biro Analisa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Biro Analisa Moneter, Biro Analisa Keuangan Daerah, dan Biro Pengkajian Ekonomi dan Keuangan, serta Sekretariat Badan.

Seiring dengan berjalannya waktu, Badan Analisa Keuangan dan Moneter (BAKM) dengan Keputusan Presiden Nomor 177 tahun 2000, tentang Susunan Organisasi dan Tugas Departemen, dan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 2/KMK.01/2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Keuangan tanggal 3 Januari 2001, BAKM disempurnakan dan namanya diganti menjadi Badan Analisa Fiskal (BAF), dengan memisahkan Biro Analisa Keuangan Daerah dan mengembangkan Pusat Analisa APBN, menjadi dua Pusat, yaitu Pusat Analisa Pendapatan Negara dan Pembiayaan Anggaran dan Pusat Analisa Belanja Negara.

Untuk menyesuaikan dengan kondisi yang cepat berubah, serta dalam rangka meningkatkan kinerja dan efisiensi di Departemen Keuangan, maka pada tanggal 23 Juni 2004 dilaksanakannya reorganisasi. Badan Pengkajian Ekonomi, Keuangan, dan Kerjasama Internasional (BAPEKKI) adalah unit eselon I di Departemen Keuangan yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 36 tahun 2004 dan merupakan penggabungan dari beberapa unit eselon II yang berasal dari Badan Analisa Fiskal (BAF) dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan dan Pendapatan Daerah (Dirjen PKPD) serta Biro Kerjasama Luar Negeri dari Sekretariat Jenderal Departemen Keuangan. Adapun Susunan Organisasi dan Tugas Departemen, sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 302/KMK.01/2004 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Keuangan yaitu Pusat Pengkajian Ekonomi dan Keuangan (Puspeku), Pusat Pengkajian Perkajian Perpajakan, Kepabeanan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (Puspakep), Pusat Pengkajian Ekonomi dan Keuangan Daerah (Puspekda), Pusat Evaluasi Pajak dan Retribusi Daerah (Puseparda), Pusat Kerjasama Internasional (Puskerin), serta Sekretariat Badan.

Kemudian dengan adanya reorganisasi di Departemen Keuangan, pada tahun 2006 sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 66 Tahun 2006 nama Bapekki berubah menjadi Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Susunan Organisasi dan Tugas Departemen, sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 466/KMK.01/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Keuangan yaitu Pusat Kebijakan Pendapatan Negara, Pusat Kebijakan Belanja Negara, Pusat Kebijakan Ekonomi dan Keuangan, Pusat Pengelolaan Risiko Fiskal, Pusat Kerjasama Internasional serta Sekretariat Badan.
Visi dan Misi

Visi Badan Kebijakan Fiskal adalah :

Menjadi unit pengkaji di bidang ekonomi, keuangan dan kerjasama internasional yang berdayaguna dan bertaraf internasional.
Tugas Pokok dan Fungsi

Badan Kebijakan Fiskal (BKF) mempunyai tugas melaksanakan analisis di bidang kebijakan fiskal dan kerjasama internasional sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan, dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, BKF menyelenggarakan fungsi :
a. Perumusan rekomendasi kebijakan pendapatan negara, belanja negara, ekonomi dan keuangan;
b. Perumusan rekomendasi pokok-pokok kebijakan fiskal dan kerangka ekonomi makro serta proyeksi asumsi-asumsi dasar ekonomi makro jangka menengah;
c. Perumusan, pelaksanaan dan evaluasi kerjasama ekonomi dan keuangan internasional;
d. Analisis atas usulan rumusan kebijakan pendapatan negara, belanja negara, dan ekonomi dan keuangan;
e. Analisis, evaluasi dan pengelolaan risiko fiskal;
f. Pengkajian kebijakan ekonomi, keuangan, dan fiskal;
g. Evaluasi atas pelaksanaan kebijakan pendapatan negara, belanja negara, ekonomi dan keuangan;
h. Pemantauan perkembangan ekonomi dan keuangan;
i. Penyusunan dan pengembangan model ekonomi dan keuangan;
j. Penyelenggaraan sosialisasi kebijakan fiskal;
k. Pengelolaan data dan statistik;
l. Koordinasi pelaksanaan kegiatan tim tarif;
m. Pelaksanaan administrasi Badan.

Struktur Organisasi

BKF terdiri dari 6 unit eselon II, yaitu:
1. Pusat Kebijakan Pendapatan Negara (PKPN))
2, Pusat Kebijakan Belanja Negara (PKBN)
3. Pusat Kebijakan Ekonomi dan Keuangan (PKEKU)
4. Pusat Pengelolaan Risiko Fiskal (PPRF)
5. Pusat Kerjasama Internasional (PKSI)
6. Sekretariat Badan Kebijakan Fiskal

Di samping jabatan-jabatan struktural, BKF juga memiliki jabatan fungsional Peneliti dan Pranata.

Sarana Pendukung

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas secara cepat, tepat, dan dapat dipertanggung-jawabkan, BKF didukung dengan teknologi sistem informasi internet dan secara bertahap terus dilakukan upaya-upaya perbaikan melalui penyempurnaan perangkat lunak, pengembangan jaringan maupun mengganti perangkat keras yang lebih canggih, serta upaya pembangunan Sistem Informasi Fiskal secara online.

BKF juga didukung oleh perpustakaan online (http://pustaka.fiskal.depkeu.go.id), dengan penerapan sistem komputerisasi, yang memiliki lebih dari 7000 koleksi buku dengan 4.500 judul, yang terdiri dari buku-buku ilmiah, termasuk textbook, jurnal ekonomi dalam dan luar negeri, buletin ekonomi, kumpulan peraturan perundang-undangan, serta majalah-majalah ilmu pengetahuan lainnya.

Di samping itu, Badan Kebijakan Fiskal juga telah menerbitkan berbagai buku ilmiah dan hasil penelitian antara lain Pengetahuan Dasar Pasar Modal, Kebijakan Fiskal tentang Pemikiran, Konsep dan Implementasi, Sinopsis (Hasil Penelitian : 1999 - 2003), Jurnal Keuangan dan Moneter (2004), Kajian Ekonomi dan Keuangan (2004), Studi Efektifitas Desentralisasi Fiskal Terhadap Kinerja Ekonomi Daerah (2004), Analisis Terhadap Financial Engineering Yang Dilakukan BUMN Dalam Rangka Meningkatkan Nilai Perusahaan (2004), Studi Komparasi Manajemen Pengkajian dan Penelitian di Indonesia Dalam Rangka Efisiensi dan Efektivitas Perumusan Kebijakan Fiskal (2004), Monitoring Kerjasama Penelitian Dengan Perguruan Tinggi Negeri (2004), A Study On Distribution Channel Alternatives For Retail Government Bond, Survai Transparansi Fiskal di Beberapa Daerah Sebagai Bahan Penyusunan Laporan ke Lembaga Internasional (2004), Dampak Sosial Ekonomi dan Evaluasi Belanja Daerah dan Proyek Pembangunan (2004), Laporan Akhir Studi Dampak Sosial, Ekonomi dan Evaluasi Belanja Daerah dan Proyek Pembangunan (2004), Assessment Terhadap Contingent Liability Dari Beberapa Kegiatan Quasy Fiscal Tertentu, Dampak Sosial, Ekonomi dan Evaluasi Belanja Daerah dan Proyek Pembangunan.

Sumber Daya Manusia

Untuk melaksanakan beban tugas yang sedemikian berat, BKF didukung oleh 347 pegawai (per 1 Maret 2007) yang terdiri dari 213 orang berlatar belakang pendidikan tinggi, yaitu S1/D4 sebanyak 121 orang, S2 sebanyak 76 orang dan S3 sebanyak 6 orang.

Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) diarahkan agar memiliki etos kerja yang tinggi, pengetahuan yang luas, khususnya di bidang ekonomi dan keuangan, cakap dan tanggap terhadap kondisi yang sedang berkembang, kreatif, inovatif, serta memiliki kemampuan analisis dan meneliti yang tinggi.

Untuk mencapai kondisi SDM yang demikian, BKF memberikan motivasi, dorongan dan kesempatan yang luas kepada pegawai untuk selalu mengembangkan kemampuan dan pengetahuannya, yang antara lain melalui pengiriman pegawai untuk mengikuti program S2/S3 di dalam dan di luar negeri, seminar, diskusi, temuwicara, lokakarya, serta program magang di berbagai instansi terkait. Di samping itu, BKF mempunyai tugas membina, mengkoordinasikan dan menyelenggarakan kegiatan analisis dan pengkajian di bidang ekonomi, keuangan dan moneter yang outputnya disampaikan kepada pimpinan Departemen sebagai bahan masukan dalam menetapkan kebijakan/pengambilan keputusan.

Aktivitas BKF dapat dilihat dari masing-masing pusat sebagai berikut.

A. Pusat Kebijakan Pendapatan Negara (PKPN)

Pusat Kebijakan Pendapatan Negara (PKPN) adalah pusat yang tugas utamanya merumuskan rekomendasi, analisis dan evaluasi kebijakan di bidang pendapatan negara (Pasal 1637 - Keputusan Menkeu Nomor 466/KMK.01/2006).

Dengan tugas utamanya tersebut, Pusat Kebijakan Pendapata Negara (PKPN) mempunyai peranan penting dalam perumusan, analisis atas usulan, evaluasi atas pelaksanaan kebijakan, dan pengumpulan dan pengolahan data kebijakan perpajakan, kepabeanan, cukai dan penerimaan negara bukan pajak.

Sebagai Pusat Kebijakan Pendapatan Negara (PKPN) melakukan rumusan, evaluasi serta sosialisasi terhadap kebijakan di bidang perpajakan, kepabeanan, cukai dan PNBP juga melakukan kerjasama ekonomi Regional dan Internasional di bidang tarif adalah hasil yang diharapkan oleh BKF terhadap Pusat Kebijakan Pendapatan Negara (PKPN).

Dalam melaksanakan tugasnya Pusat Pengkajian Ekonomi dan Keuangan (Puspeku) didukung oleh lima unit eselon III, yaitu :
- Bidang Perumusan Rekomendasi Kebijakan Pendapatan Negara
- Bidang Analisis Perpajakan
- Bidang Analisis Kepabeanan dan Cukai
- Bidang Analisis Penerimaan Negara Bukan Pajak
- Bidang Evaluasi Kebijakan Pendapatan Negara
Dibantu satu unit eselon IV yaitu Sub Bagian Tata Usaha
Disamping Jabatan Struktural, PKPN juga memiliki Jabatan Fungsional Peneliti

B. Pusat Kebijakan Belanja Negara (PKBN)

Pusat Kebijakan Belanja Negara (PKBN) adalah Pusat yang mempunyai tugas merumuskan rekomendasi, analisis dan evaluasi kebijakan di bidang belanja negara dan pembiayaan (Pasal 1660 - Keputusan Menkeu Nomor 466/KMK.01/2006).

Melakukan rumusan rekomendasi, analisis atas usuluan rumusan, evaluasi atas pelaksanaan kebijakan, pengumpulan dan pengolahan data belanja pusat, keuangan daerah, subsidi dan pembiayaan.

Dalam melaksanakan tugasnya Pusat Pengkajian Ekonomi dan Keuangan (Puspeku) didukung oleh lima unit eselon III, yaitu :
- Bidang Perumusan Rekomendasi Kebijakan Pendapatan Negara
- Bidang Analisis Belanja Pusat
- Bidang Analisis Keuangan Daerah
- Bidang Analisis Subsidi
- Bidang Evaluasi Kebijakan Belanja Negara
Dibantu satu unit eselon IV, yaitu Sub Bagian Tata Usaha dan Pejabat Fungsional Peneliti
Disamping Jabatan Struktural, PKBN juga memiliki Jabatan Fungsional Peneliti

C. Pusat Kebijakan Ekonomi dan Keuangan (PKEKU)

Sesuai dengan namanya, Pusat Kebijakan Ekonomi dan Keuangan (PKEKU) mempunyai tugas merumuskan rekomendasi, analisis/pengkajian, dan evaluasi kebijakan di bidang ekonomi dan keuangan (Pasal 1683 - Keputusan Menteri Keuangan Nomor 466/KMK.01/2006)

Selain melaksanakan tugas di atas, Pusat Kebijakan Ekonomi dan Keuangan mempunyai fungsi sebagai berikut:
- Proyeksi asumsi-asumsi dasar ekonomi makro jangka menengah
- Perumusan rekomendasi pokok-pokok kebijakan fiskal dan kerangka ekonomi makro
- Analisis/uji kelayakan atas usulan perumusan kebijakan ekonomi dan keuangan
- Evaluasi atas pelaksanaan kebijakan ekonomi dan keuangan
- Pengkajian dampak kebijakan ekonomi dan keuangan
- Penyusunan dan pengembangan model ekonomi dan keuangan
- Pengumpulan dan pengolahan data ekonomi dan keuangan

Dalam melaksanakan tugasnya Pusat Kebijakan Ekonomi dan Keuangan (PKEKU) didukung oleh lima unit eselon III, yaitu dari :
- Bidang Perumusan Rekomendasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan
- Bidang Analisis Ekonomi Makro
- Bidang Analisis Investasi dan Perdagangan
- Bidang Analisis Sektor Keuangan dan Pengelolaan Utang
- Bidang Program Pengkajian dan Evaluasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan
Dibantu satu unit eselon IV, yaitu Sub Bagian Tata Usaha
Disamping Jabatan Struktural, PKEKU juga memiliki Jabatan Fungsional Peneliti

D. Pusat Pengelolaan Risiko Fiskal (PPRF)

Pusat Pengelolaan Risiko Fiskal (PPRF) merupakan salah satu unit di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal yang mempunyai tugas melaksanakan perumusan rekomendasi, analisis, evaluasi, dan pengelolaan risiko ekonomi global, BUMN, dan dukungan pemerintah (Pasal 1706 - Keputusan Menteri Keputusan Nomor 466/KMK.01/2006).

Merumuskan rekomendasi pengelolaan risiko ekonomi global, BUMN, dan dukungan pemerintah, melakukan analisis terhadap kelayakan permintaan dukungan pemerintah atas pelaksanaan kerjasama penyediaan infrastruktur, menganalisa berkala terhadap risiko BUMN yang dapat menimbulkan kewajiban bagi APBN, melakukan analisa risiko ekonomi global dan regional terhadap APBN, menyiapkan bahan, penelahaan dan penyusunan rancangan peraturan di bidang pengelolaan risiko fiskal, dan melaksanakan kodifikasi peraturan di bidang pengelolaan risiko fiskal juga menjadi tugas Pusat Pengelolaan Risiko Fiskal (PPRF).

Dalam melaksanakan tugasnya Pusat Pengelolaan Risiko Fiskal (PPRF) didukung oleh lima unit eselon III, yaitu :
- Bidang Perumusan Rekomendasi Pengelolaan Risiko Fiskal
- Bidang Analisis Risiko Ekonomi Global
- Bidang Analisis Risiko BUMN
- Bidang Analisis Risiko Dukungan Pemerintah
- Bidang Peraturan Pengelolaan Risiko Fiskal
Dibantu satu unit eselon IV, yaitu Sub Bagian Tata Usaha
Disamping Jabatan Struktural, PPRF juga memiliki Jabatan Fungsional Peneliti

E. Pusat Kerjasama Internasional (PKSI)

Pusat Kerjasama Internasional (Puskerin) merupakan salah satu unit di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal yang mempunyai tugas melaksanakan pengkajian pengkoordinasian, pemantauan dan perumusan kerangka kerjasama ekonomi dan keuangan internasional, serta pemantauan perkembangan ekonomi dan keuangan internasional (Pasal 1449 - Keputusan Menteri Keputusan Nomor 466/KMK.01/2006).

Di samping tugas-tugas tersebut, Pusat Kerjasama Internasional (Puskerin) melaksanakan pula uji kelayakan rencana kebijakan dan pengembangan model dan strategi di bidang kerjasama ekonomi dan keuangan internasional.

Bali Initiative on Partnership for Growth and Development (Asia-Eropa Meeting, ASEM), Bogor Declaration of APEC Economic Leaderds, Bilateral Swap Arrangement (ASEAN+3), Millennium Development Goals, Corporate Restructuring and Good Governance, Report on The Obsevance of Standards and Codes (ROSCs) serta Rotation Scheme untuk posisi Executive Director dan Alternative Executive Director Breton Woods Institutes adalah hasil kajian kesepakatan-kesepakatan internasional di bidang ekonomi dan keuangan yang telah dilaksanakan oleh Pusat Kerjasama Internasional (Puskerin).

Dalam melaksanakan tugasnya Pusat Kerjasama Internasional (Puskerin) didukung oleh lima unit eselon III, yaitu :
- Bidang Kerjasama Luar Kawasan Asia dan Pasifik
- Bidang Kerjasama Dalam Kawasan Asia dan Pasifik
- Bidang Kerjasama ASEAN
- Bidang Kerjasama Lembaga Keuangan Multilateral
- Bidang Pemantauan dan Kepatuhan
Dibantu satu unit eselon IV, yaitu Sub Bagian Tata Usaha
Disamping Jabatan Struktural, Puskerin juga memiliki Jabatan Fungsional Peneliti

F. SEKRETARIAT

Untuk menunjang tugas-tugas pada pusat-pusat di lingkungan BBadan Kebijakan Fiskal, sekretariat mempunyai memberikan pelayanan teknis dan administratif kepada semua unsur di lingkungan Badan.

Dengan pogram "Menuju Pelayanan Prima, Sekretariat berupaya untuk menunjang tugas pusat-pusat, seperti dukungan teknis berupa sistem informasi termasuk perpustakaan digital (e-library) serta monisuper (monitoring surat penting dan rahasia) dan dukungan administratif yaitu melaksanakan urusan kepegawaian, rumah tangga juga keuangan. Adapun hasil yang sudah dicapai oleh sekretariat selama ini adalah :
Kepegawaian dan organisasi : Formasi dan pengembangan pegawai

Mutasi kepegawaian

Pengukuran beban kerja

Prosedur dan metode kerja
Keuangan : Dokumen pelaksanaan Anggaran Badan

Dokumen Pengajuan Permintaan Pembayaran

Laporan Keuangan Badan

Dokumen Tanggapan atas hasil pemeriksaan aparat pengawasan fungsional dan pengawasan masyarakat
Data dan Informasi : Pelayanan perpustakaan, dengan perpustakaan digital (e-library),

Pengelolaaan sistem informasi badan,

Umum : Galeri Info Keuangan

Monitoring Surat Penting dan Rahasia (Monisuper),

Sekretariat mempunyai 4 bagian yaitu :
¨ Bagian Kepegawaian dan Organisasi
¨ Bagian Perencanaan dan Keuangan
¨ Bagian Umum
¨ Bagian Data dan Informasi

STMIK Bani Saleh

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bani Saleh, merupakan perubahan bentuk dari Akademi Manajemen Informatika Dan Komputer (AMIK) Bani Saleh, didirikan pada tanggal 18 September 1989 di Bekasi, dengan tujuan :

Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang beriman dan ber taqwa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, memiliki kemampuan akademik dan profesional, dapat menerapkan serta mengembangkan pengetahuan dan teknologi komputer. Mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi komputer serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Sebelum berdiri, ada tiga tahap yang mendahului sehingga terbentuknya Sekolah Tinggi tersebut yaitu:

Tahap pertama, adalah penyelenggaraan Kursus Komputer Bani Saleh pada tahun 1986. Tahap kedua, setelah lembaga kursus tersebut mengalami perkembangan yang pesat, pada tahun 1988 didirikan Politeknik Komputer Program D1. Setelah melewati dua fase tersebut, pada tahun 1989/1990 didirikan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Bani Saleh, dengan rekomendasi Bupati Kepala Daerah Tingkat II Bekasi, Nomor : 420/07/Kesra, tanggal 1 Februari 1989. Kemudian dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 58/D/0/1999 tanggal 24 Maret 1999, menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Bani Saleh. Kegiatan perkuliahan semula menempati gedung di JI. Kartini No. 66 lantai III bergabung dengan SD, SMP dan SMA Bani Saleh. Mahasiswa terdiri dari lulusan SLTA, yang berasal dari sekitar JABOTABEK dan luar jawa.

Pada perkembangan selanjutnya diadakan pembenahan terhadap kesempurnaan 9 aspek pokok evaluasi dan akreditasi perguruan tinggi yang disesuaikan dengan Kep. Dirjen Dikti No. 14/D/Q/1989, yakni mengenai organisasi, kurikulum, tenaga pengajar tetap, prasarana, pembinaan kemahasiswaan, proses pendidikan, lulusan yang dihasilkan dan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Maka pada tahun 1992, AMIK Bani Saleh mendapat Kep. No. 313/Dikti/Kep/1992, tentang ketentuan dalam Kep. Mendikbud No. 0757/011991, dan Kep. Dirjen Dikti No. 146/DIKn/KEP/1997 bahwa status TERDAFTAR di lingkungan AMIK Bani Saleh meliputi jenjang D3 dengan jurusan-jurusan :

(1). Program studi Manajemen Informatika

(2). Program studi Teknik Komputer

(3). Program studi Komputerisasi Akuntansi.

(4). Program studi Tehnik Informatika

Pada tanggal 24 Maret 1999 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 58/D/0/1999 menjadi Sekolah Tinggi dengan jurusan Teknik Informatika.

Pada tahun 1993, pembangunan gedung kampus STMIK Bani Saleh tahap pertama dengan dua lantai yang terletak di Jalan M. Hasibuan telah selesai, sejak itu seluruh kegiatan akademik telah menempati gedung baru seluas 448M2, 7 lokal untuk ruang kuliah, 1 ruang laboratorium dan 1 ruang kantor.

Pada tahun 1994, pembangunan gedung kampus STMIK Bani Saleh tahap kedua selesai dengan penambahan dua lantai menjadi empat lantai dengan penambahan ruang lokal yang tadinya 7 menjadi 24, ruang laboratorium dari 1 menjadi 2, terdiri dari ruang laboratorium Manajemen Informatika dan laboratorium Teknik Komputer saat ini STMIK Bani Saleh telah memiliki lokal sebanyak 50 buah. Untuk sarana perlengkapan komputer ada peningkatan dari Pentium 133 menjadi Pentium IV dengan dilengkapi LAN dan MODEM yang jumlahnya sebanyak 198 unit.

Kampus STAN

Status
Kedinasan (Departemen Keuangan RI)

Alamat
Kampus I: Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Jakarta Selatan Kampus II:Jl. Ceger Raya, Kel. Jurangmangu Timur, Kec. Pondok Aren, Tangerang, Banten 5222. Telepon: (021) 7361654 – 7361658 (Hunting) Faks.: (021) 7361653

Direktur
Suyono Salamun, Ph.D

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), adalah lembaga pendidikan tinggi negeri Indonesia di di bawah Departemen Keuangan. Lulusan STAN dipersiapkan untuk dapat mengelola keuangan Negara di berbagai instansi, antara lain Badan Pemeriksa Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea Cukai, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah, serta Direktorat PBB.

STAN merupakan sekolah kedinasan yang menyelenggarakan program pendidikan tingkat diploma (D-I, D-III, dan D-IV). Mahasiswa STAN dibebaskan dari biaya pendidikan, mendapatkan buku literatur gratis, serta ditempatkan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan. STAN menerapkan sistem drop out bila mahasiswanya tidak mencapai Indeks Prestasi tertentu.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) termasuk dalam jenis Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) sipil. STAN menganut sistem demokrasi yang menerapkan sistem learning by action di mana setiap mahasiswanya diberikan kebebasan berpendapat.

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara merupakan penyelenggara pendidikan program diploma bidang keuangan dalam lingkungan departemen Keuangan bertujuan untuk mendidik mahasiswa supaya mempunyai pengetahuan dan keahlian di bidang akuntansi dan keuangan sektor publik dan mempersiapkan mahasiswa agar kelak menjadi pegawai negeri yang berdisiplin kuat,berakhlak tinggi dan penuh dedikasi. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ditetapkan dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor :12/PMK/1987 tanggal 18 Februari 1987. Sedangkan program diploma Keuangan dalam lingkungan Departemen Keuangan telah dilimpahkan tanggung jawab pengelolaannya kepada direktur Sekolah Tinggi Akuntansi Negara sesuai dengan surat tugas Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Nomor: ST-098/BP/1997 tanggal 31 Oktober 1997 dan Surat edaran Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Nomor: SE-048/BP/1998 tanggal 29 Oktober 1998.






Profil kampus

* Jenjang pendidikan: D1, D3, D4
* Jumlah mahasiswa: 5.548
* Jumlah lulusan, 2002-2003: 1.456
* Jumlah pendaftar, 2002/2003: 39.000 2003/2004: 87.000, 2005/2006: 70.000 2006/2007: 120.000
* Jumlah mahasiswa diterima, 2002/2003: 3.000 2003/2004: 2.100 2005/2006: 3.665 2006/2007: 2.368
* Jumlah dosen tetap: 24 (pendidikan S1/D4: 12, S2/Magister: 12)
* Jumlah dosen, tidak tetap: sekitar 250
* Luas kampus: 260.610 m2

Untuk Informasi seputar STAN dapat diperoleh di www.stan.ac

Fasilitas Kampus
Alamat :

Kampus I: Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Jakarta Selatan
Kampus II: Jl. Ceger Raya, Kel. Jurangmangu Timur, Kec. Pondok Aren, Tangerang, Banten 15222.

* Ruang kuliah: Gedung C: 3.296 m2, Gedung D: 3.296 m2, Gedung E: 4.400 m2, Gedung F: 4.400 m2. *Perpustakaan: Gedung Perpustakaan (P) berlantai 2: luas ruangan 3.296 m2, koleksi 9.528 judul, 69.801 eksemplar.
* Laboratorium: Gedung Laboratorium (L) berlantai 2, luas ruangan 2.400 m2 (Komputer)
* Lembaga penelitian: Pusat Pengembangan Akuntansi dan Keuangan (PPAK)
* Kegiatan mahasiswa: STAN English Club (STAN EC), STAN Informatics Club (STANic), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Stapala, Pojok Bursa, SPECC, Teater Alir, Media Center STAN, SMC, dll
* Fasilitas lain: Gedung Administrasi (Gedung A) berlantai 2 (1.996 m2), Gedung Pertemuan (Gedung B) (600 m2), Gedung Serbaguna (2.696 m2), Gedung PPSDM berlantai 3 ( 3.600 m2), Masjid (2.400 m2), Gedung Asrama berlantai 4 ( 3.750 m2), parkir ( 3.000 m2), poliklinik, koperasi, rumah dinas ( 35 unit), sarana olahraga (bola, badminton, basket, lari), kantin mahasiswa.

Program studi

Pendidikan Program diploma Bidang Keuangan terdiri dari:

1. Program diploma 1 keuangan (d-I) Spesialisasi:
2. Kebendaharaan Negara/Anggaran
3. Administrasi Perpajakan
4. Kepabeanan dan Cukai
5. Penilai/ Kepiutanglelangan
6. Pegadaian
7. Program diploma 3 keuangan (D-III) Spesialisasi:
8. Kebendaharaan Negara/Anggaran
9. Administrasi Pajak
10. Kepabeanan dan Cukai
11. Penilai/Pajak Bumi dan Bangunan
12. Akuntansi Pemerintah
13. Penilai/ Kepiutanglelangan
14. Program diploma IV keuangan (D-IV) Spesialisasi Akuntansi

Selain program-program diatas diadakan pula:

1. Program Pendidikan Asisten/Pembantu Akuntan
2. Program Diploma III keuangan Kurikulum Khusus
3. Program Diploma III Khusus

Sejarah Singkat

Tanggal Berdiri: 1964
Pendiri: Departemen Keuangan RI

Sebelumnya, 1952, Departemen Keuangan mendirikan pendidikan Ajun Akuntan Negara dan Ajun Akuntan Pajak. Lalu mendirikan Akademi Pajak dan Pabean (1956), Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (1959), Akademi Treasuri Negara (1960). Pada 1965, Akademi Perbendaharaan Negara, lalu Ajun Akuntan Pajak diubah menjadi Akademi Ajun Akuntan Pajak. Pada 1967, didirikan Institut Ilmu Keuangan (IIK) yang mengintegrasikan program-program pendidikan tinggi di lingkungan Dep-Keu dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dari status kelembagaan, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) berada di bawah pembinaan Eselon I Dep-Keu: Badan Pendididikan dan Pelatihan Keuangan – Keppres 12/1976. Kampus STAN diresmikan pada 4 Agustus 1986.

Gelar bagi lulusan pendidikan progam diploma bidang keuangan

Lulusan pendidikan program diploma bidang keuangan dapat diusulkan untuk diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil pada departemen keuangan atau istansi pemerintah lainnya ke dalam pangkat/ golongan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lulusan pendidikan program diploma bidang keuangan berhak menggunakan sebutan profesional sebagai berikut:

* Ahli pertama bagi lulusan Program diploma I
* Ahli madya bagi lulusan program diploma III
* Sarjana sains terapan bagi lulusan program diploma IV

Elemen kampus

* BEM STAN
* BLM STAN
* HMS STAN
* LK STAN
* BO dan IC STAN
* UKM STAN

Disamping itu, di STAN terdapat elemen keagamaan seperti MBM, KMK, PMK, KMHB

Pendaftaran Mahasiswa Baru
Pusat informasi pendaftaran:

1. Sekretariat Kampus STAN Gedung A, Lantai 2., Jl. Bintaro Utama, Sektor V Bintaro Jaya, Jakarta Selatan.
2. Kampus SC: Jl. Raya Gadobangkong 111, Cimahi--Bandung

Waktu pendaftaran
Sekitar Bulan Juni/Juli

Syarat Penerimaan Mahasiswa Tahun 2006
Berijazah SMA dan sederajat, Madrasah Aliyah dan SMK semua Jurusan tahun 2004, 2005 dan 2006.
Untuk :

Lulusan Tahun 2004

Memiliki Surat Tanda Lulus (STL) yang menyatakan telah lulus Ujian Nasional dengan nilai rata-rata “Ujian Tertulis” pada Ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan.


Lulusan Tahun 2005

Memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHU) yang menyatakan telah lulus Ujian Nasional dengan nilai rata-rata “Ujian Tertulis” pada Ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan


Lulusan Tahun 2006

* Memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHU) yang menyatakan telah lulus Ujian Nasional dengan nilai rata-rata “Ujian Tertulis” pada Ijazah/Ijazah Sementara tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan
* Umur pada tanggal 1 September 2006 tidak lebih dari 21 tahun dihitung berdasarkan tanggal lahir yang tercantum di dalam Ijazah/Ijazah Sementara/STL/SKHU.
* Tidak cacat badan dan tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika dan sejenisnya.
* Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
* Khusus untuk Program Diploma Spesialiasi Kepabeanan dan Cukai, ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
* Hanya menerima laki-laki
* Tinggi badan minimal 165 cm
* Tidak buta warna
* Bagi mereka yang dinyatakan lulus ujian tertulis, harus mengikuti dan lulus tes kesehatan dan aerobik yang pelaksanaannya dapat dilakukan di salah satu tempat berikut; Medan, Makassar, Balikpapan dan Jakarta.


Harga formulir pendaftaran
Rp 100.000

Tempat Pendaftaran

1. Jakarta Kampus STAN/Prodip KeuanganJl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang
2. Medan Balai Diklat Keuangan I, Gedung Keuangan NegaraJl. P. Diponegoro No. 30 A Medan
3. Padang Kantor Pelayanan Pajak Jl. Bgd. Aziz Khan No. 22 Padang 25001
4. Palembang Balai Diklat Keuangan II, Jl. Sukabangun II Kec. Sukaramai Palembang, Sum Sel
5. Yogyakarta Balai Diklat Keuangan III, Jl. Raya Solo KM 11 Purwomartani Kalasan
6. Malang Balai Diklat Keuangan IV, Jl. A. Yani Utara No. 200 Malang
7. Balikpapan Balai Diklat Keuangan V, Gedung Keuangan Negara Jl. A. Yani No 68 Balikpapan
8. Pontianak Kantor Pelayanan Pajak Jl. Sultan Abdulrachman No. 1 Pontianak 78116
9. Makassar Balai Diklat Keuangan VI, Jl. A. Yani No. 1 Makassar
10. Cimahi Balai Diklat Keuangan VII, Jl. Gado Bangkong No. 111 Cimahi Bandung
11. Manado Balai Diklat Keuangan VIII, Jl. Bhetesda No. 18 Manado
12. Jayapura Kanwil XVIII Ditjen Pajak Maluku dan Papua, Jl. A. Yani No. 8 Jayapura
13. Sorong Kantor Pelayanan Pajak Sorong, Jl. Jend. Sudirman No. 26 Sorong
14. Mataram Kanwil XXI Ditjen Perbendaharaan, Jl. Langko No. 40 Mataram 83125
15. Kupang KPBC Tipe C Kupang Jl. Praja No. 2 Tenau Kupang 85000
16. Banda Aceh Kantor Pelayanan Pajak Banda Aceh, Jl. T. Muhammad Daud Beureuh No. 20 Banda Aceh


Jalur pendaftaran
Jalur pendaftaran=Tes
Materi Tes: Tes Kemampuan Umum, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris.

Biaya Pendidikan
Tanpa biaya pendidikan: Mengingat status STAN adalah perguruan kedinasan, mahasiswa yang dinyatakan lulus USM tidak ditarik biaya pendidikan (akademis) apa pun (seperti SPP, uang pembangunan, biaya laboratorium maupun praktik, selain biaya kontribusi biaya wisuda). Biaya yang dikenakan tidak oleh lembaga STAN dapat terjadi, misalnya, biaya orientasi pengenalan kampus. Lain-lain Kerjasama dengan lembaga dalam negeri: Pemda DKI, Papua, NAD (Aceh), Gorontalo.

Program Studi

1. Akuntansi D4
2. Akuntansi D3
3. Perpajakan D3
4. Perpajakan D1
5. Kebendaharaan Negara/Anggaran D3
6. Kebendaharaan Negara/Anggaran D1
7. Penilai Pajak Bumi dan Bangunan/PBB D3
8. Kepabeanan dan Cukai D3
9. Kepabeanan dan Cukai D1
10. Pengurusan Piutang dan Lelang Negara D3

Biodata Dede Satibi

Nama Lengkap : Dede Satibi
Nama Panggilan : Satibi
Tempat, Tanggal Lahir : Bekasi, 06 Januari 1986
Rumah : Jl. KH.Mas'ud No. 16 Tambun - Bekasi

Kantor :
Badan Kebijakan Fiskal
Bagian Data dan Informasi
Subbagian Data dan Statistik APBN
Kompleks Departemen Keuangan Gd. B Lt. 6
Jl. Dr Wahidin Raya No.1 Jakarta Pusat

Agama : Islam
Status : In Relationship (ma sapa hayoo....)
Gol. Darah : A

Riwayat Pendidikan :
- SDN DAYAGUNA ( 1992 - 1998 )
- SLTPN 2 Tambun ( 1998 - 2001 )
- SMAN 1 Tambun Selatan ( 2001 - 2004)
- STAN Prodip 1 Keuangan Spesialisasi Kebendaharaan Negara (2004 - 2005)
- STMIK Bani Saleh Bekasi DIII Jurusan Manajemen Informatika (2006 - 2007)
- STMIK Jayakarta Jakarta DIII Jurusan Manajemen Informatika (2007 - sekarang)

Riwayat Jabatan / Organisasi / Ekstrakurikuler:
- Pasukan 45 Paskibra SMAN 1 Tambun Selatan (2002)
- Koord. Kedisiplinan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Tambun (2003)
- Dewan Tinggi Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Tambun ( 2004 s.d sekarang)
- Playmaker Sepakbola All Star Bonlap (2004)
- Sukarelawan/Simpatisan Pecinta Alam Red-Ant SMAN 1 Tambun Selatan ( 2003 s.d sekarang)
- Dewan Penasehat Pecinta Alam Red-Ant SMAN 1 Tambun Selatan (2004)
- Ketua DirJen Penerangan paruh waktu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STAN Prodip I Keuangan Cimahi (2004 - 2005)
- Koord. Divisi Dokumentasi dan Informasi Forum Kajian Anak Bangsa ( FOJIANSA ) Wilayah Bekasi (2005)
- Ketua Kelas paruh waktu Jurusan Manajemen Informatika STMIK Bani Saleh(2006)
- Pengurus Honda MegaPro Club (HMPC) Chapter Bekasi (2006 s.d sekarang)
- Kadiv Anggota Honda MegaPro Club (HMPC) Chapter Bekasi (2007 s.d sekarang)

Satibi Foto

















Ini Merupakan Kumpulan Foto - Foto Dede Satibi.. jika ingin mendownload (buat yang mau ajah - pede mode on) hehehe... langkah2nya adalah:

1. Silakan klik kanan pada foto diatas lalu klik Save Image As..

2. Setelah itu silakan simpan pada directory folder yang diinginkan pada komputer anda...

3. Selesai deh....


or klik link download


Advice: jangan digunakan untuk hal yang merusak citra ya...